Orang Bijak Taat Pajak

Pajak membangun bangsa

wa or ☎️ 0852-3377-6649

Friday 8 May 2015

Menejemen Pajak

 
 
Konsep Manajemen Strategis dan Perencanaan Strategis
Untuk dapat mengetahui manajemen strategis dan perencanaan strategis, harus mengetahuipengertian manajemen yang merupakan proses penggunaan semua sumber daya untuktercapainya tujuan organisasi yang telah ditentukan. Perencanaan merupakan salah satufungsi utama dari manajemen dan merupakan salah satu unsur manajemen yang secara tidaklangsung menyatakan bahwa manager harus terlebih dahulu memikirkan segala sesuatunyadengan matang berkenaan dengan tujuan dan tindakannya.Secara umum perencanaan merupakan proses penentuan tujuan organisasi (perusahaan) dankemudian menyajikan (mengartikulasikan) dengan jelas strategi-strategi (program), taktik-taktik(tata cara pelaksanaan program), dan operasi (tindakan) yang diperlukan untuk mencapaitujuan perusahaan secara menyeluruh.Perencanaan strategis dalam organisasi merupakan salah satu aspek dari materi manajemenstrategis yang selalu diperlukan oleh setiap organisasi. Setiap perubahan lingkungan yangterjadi memerlukan respons strategis, baik dalam perencanaan, pelaksanaan maupun evaluasi.Dari sebutan semula perencanaan perusahaan berkembang menjadi strategi perusahaan,perencanaan strategis, kebijakan bisnis, dan akhirnya menjadi manajemen strategis, yang berisibagaimana pimpimpinan puncak suatu organisasi (badan usaha) menanggapi perubahanlingkungan yang sangat kompleks dan dinamis tersebut. Agar dapamencapai tujuansetiap perusahaan melakukan dua fungsi pokok sebagai berikut :1. Fungsi bisnis yang meliputi bidang pemasaran.produksi, keuangan, sumber daya manusia,penelitian dan pengembangan,dan sebagainya.2. Fungsi manajerial yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, penggerakan danpengawasan.
Tugas manajer 
.Tugas manajer perusahaan adalah mengambil keputusan yang didasarkan pada keterpaduanantara kedua fungsi tersebut sehingga mencapai keterpaduan di tingkat atas.
 
Menurut Glueck dan jauch (1980) seperti yang dikutip oleh Martani Husaeni (1980)
Perencanaan strategis atau manajemen strategis merupakan arus keputusan dan tindakanyang mengarah kepada perkembangan suatu strategi yang efektif untuk mencapai sasaran.Studi tentang manajemen strategis menekankan pada pemantauan dan evaluasi kesempatan-kesempatan dan hambatan hambatan lingkungan, disamping kekuatan-kekuatan dankelemahan-kelemahan perusahaan.Secara jelas studi tentang kebijakan bisnis dengan orientasi integratifnya lebih melihat kedalamdengan berfokus pada penggunaan kekayaan perusahaan secara effisien, dan kemudianmenekankan formulasi dari pedoman umum yang akan menyelesaikan misi dan tujuanperusahaan secara lebih baik
Penelitian manajemen strategis dapat dikelompokkan sbb :
1. Adanya hubungan antara keberhasilan perusahaan dengan perencanan strategis.Bahwa perusahaan-perusahaan yang terlibat dalam perencanaan strategis, ternyata lebihberhasil daripada perusahaan yang tidak terlibat dalam perencanaan strategis.2. Adanya hubungan antara keberhasilaperusahaan dengan kondisi lingkungan perusahaan.Bahwa dengan kondisi lingkungan yang berbeda perusahaan membutuhkan lingkunganyang berbeda dari fungsi-fungsi organisasi untuk tindakan efektif.3. Adanya hubungan antara factor eksternal dan internal perusahaan dengan keberhasilanperusahaan ,Bahwa manajer dalam perusahaan yang berbeda dalam lingkungan yang cepat berubahperlu menyusun dan melaksanakan proses perencanaan strategis yang canggih agarperusahaan mereka berhasi l( Martani Husaeni 1989).Dari hasil penelitian dalam manajemen strategis tersebut dapat disimpulkan bahwa suatupengetahuan tentang manajemen strategis sangat penting bagi keberhasilan perusahaansecara efektif. Penggunaan perencanaan strategis yang berdasarkan pada factor eksternal daninternal merupakan kunci pokok keberhasilan perusahaan.
 
Tujuan Perusahaan
Tujuan adalah hasil akhir yang dicari organisasi melalui eksistensi dan operasinya.Sebagai contoh :Kesinambungan usaha/keuntungan, efisiensi, kepuasan dan pembinaan karyawan, mutuproduk atau layanan bagi konsumen dan pelanggan menjadi anggota asosiasi perusahaan(corporate citizenship) yang baik dan pertanggung jawaban social pemimpin di pasar, membuatkeuntungan dan harga saham menjadi maksimum untuk pemegang saham, pengendalianasset, penyesuaian diri dengan mudah dan luwes melayani kebutuhan masyarakat, dan lain-lain.Perusahaan seharusnya mempunyai tujuan untuk memaksimalkan kesejahteraan pemegangsaham (pemilik perusahaan) dengan cara memaksimalkan nilai perusahaan.Tujuan ini tidak hanya merupakan kepentingan bagi para pemegang saham semata, namun juga akan memberikan manfaat yang terbaibagi masyarakat di lingkungan perusahaan.Untuk dapat menciptakan kesejahteraan pemegang saham, perusahaan dituntut agarmemanfaatkan sumber daya yang terbatas dan beroperasi pada tingkat produktivitas. Ada empat factor penyebamengapa perusahaamempunyai tujuan, hal ini penting untukmanajemen strategis sebagai berikut:1. Tujuan membantu mendefinisikan organisasi dalam lingkungannya.Sebagian besar organisasi perlu membenarkan keabsahan eksistensinya untuk menge-sahkan diri dalam pandangan pemerintah, konsumen, dan masyarakat luas. Denganmenetapkan tujuan, maka perusahaan akan menarik orang-orang yang mengenali tujuan inisehingga mau bekerja untuk perusahaan.Jadi tujuan berguna untuk mendefinisikan perusahaan.2. Tujuan membantu mengoordinasikan keputusan dalam pengambilan keputusan.Tujuan mengarahkan karyawan pada norma pelaku yang dikehendaki.Tujuan dapat mengurangi pertentangan dalam membuat keputusan jika semua karyawanmengetahui tujuannya.

1 comment:

  1. Casinos Near Casinos & Casinos NEAR ME | Mapyro
    Find the nearest casinos and open 파주 출장마사지 a detailed, free to play list 당진 출장샵 of all 대구광역 출장마사지 casinos near me 수원 출장마사지 in 2021. Get a list of casinos and open a map. 의정부 출장샵

    ReplyDelete